Kamis, 05 Juli 2012

Mengubah Format Tanggal ke Text

Beberapa hari lalu, saya perlu menggunakan segerombolan data yang di-input dalam format tanggal, menjadi data dalam format text. Hal pertama yang saya lakukan, tentu saja, mengganti format sel tersebut menjadi long-date. Tapi ternyata itu tidak menyelesaikan masalah saya.
Misalnya, saya punya sel dengan format long-date yang saya isi 17/08/2011 maka akan tampil menjadi 17-Agustus-2011. Namun jika format sel tersebut saya ganti menjadi text, di sel tersebut akan tampil angka 40772. Nah, tentu bukan itu yang saya perlukan.
Setelah sedikit googling, ternyata keperluan itu bisa dilayani dengan fungsi TEXT. Dalam kasus saya untuk menampilkan format tanggal, rumus yang digunakan adalah =TEXT(A1;”dd-mmmm-yyyy”).
Dengan cara itu, tampilan akan sama-sama 17-Agustus-2011 namun dalam format bentuk teks!
Buktinya? Jika saya copy; lalu paste-special-value, akan tampil persis menjadi 17-Agustus-2011. Namun jika masih dalam format tanggal, jika dilakukan copy – paste-special-value akan tampil 40772. Nah!
Pertanyaan selanjutnya: bagaimana jika sebaliknya? Suatu sel yang berisi teks berupa tanggal, akan diubah menjadi format tanggal. Seharusnya bisa, bukan? Dan ternyata memang bisa.
Kali ini saya gunakan rumus =DATEVALUE(A2). Tentu saja, di sel A3 yang saya isi rumus tersebut, sudah saya buat dalam format long-date. Sehingga akan tampil 17-Agustus-2011. Jika format sel masih dalam General; yang tampil adalah 40772.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar